twitter


Wacana Ilmiah
 

Apa Itu Linux?
Linux adalah sebuah Unix-jenis sistem operasi awalnya dibuat oleh Linus Torvalds dengan bantuan dari pengembang di seluruh dunia. Dikembangkan di bawah GNU General Public License, source kode untuk Linux tersedia secara bebas untuk semua orang.Ada banyak Varian dari Linux yang di kembangkan di seluruh dunia sebagai Sistem operasi/OS yang Free dan Open source yang sering di kenal dengan Istilah FOSS (Free/Open Source Software).Foss adalah Konsep berbagi, merdeka dan terbuka.

pada dasarnya linux mempunyai sifat yang open, Linux berkembang sangat cepat dimana source code bisa diperoleh secara cuma-cuma, tidak terkait dengan perusahaan/vendor berbeda dengan saingannya yang berjudul “windows” dari perusahaan/vendor yang berlabel microsoft itu. Dan semua penyedia jasa support bisa memberikan dukungan atau bantuan yang baik secara efektif, bahkan untuk bug fixes. Secara teknikal Linux bukanlah UNIX, hanya cara operasinya ’seakan’ UNIX.

Linux sebagai OS opensource membolehkan tiap orang untuk turut berpartisipasi dan ini merupakan salah satu kelebihan Linux sebagai sistem operasi, banyak variasi dan aplikasi yang dapat anda temukan. Namun bagi pemula, banyaknya variasi atau lebih dikenal sebagai distro ini dapat membuat bingung. Kurangnya pemahaman tentang Linux ditambah banyaknya variasi dapat membuat seorang pemula menjadi kaget dan mengurungkan niatnya untuk mencicipi sistem operasi ini.

Pada dasarnya memilih distro bukanlah hal yang menakutkan. Hal pertama yang perlu kita ketahui untuk memilih distro adalah mencari tahu apa yang ingin kita dapatkan dari Linux. Berbeda dengan sistem operasi Windows yang secara umum dapat digunakan untuk semua kebutuhan, memilih distro Linux lebih mudah dilihat berdasarkan tujuan penggunaannya itu sendiri (walaupun tiap distro memiliki karakteristik tersendiri bukan berarti distro tersebut tidak dapat digunakan untuk penggunaan lain). 

Ayo Kita Bersepeda

Jika Anda malas berolahraga, bersepeda bisa menjadi salah satu olahraga menarik untuk dicoba. Bersepeda akan terasa ringan karena tanpa terasa Anda telah menggerakkan tubuh sambil dapat menikmati pemandangan di sekitar. Apa saja yang Anda dapat dari bersepeda? Bagaimana memilih sepeda yang sesuai?

Manfaat Bersepeda

Hasil yang didapat dari bersepeda terutama akan mengencangkan otot bagian bawah seperti betis, paha dan pinggul. Bersepeda mampu membakar kalori sebanyak 300 sampai 700 kalori setiap jam. Jadi, akan berguna untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan. Selain itu, bersepeda dapat meningkatkan volume paru-paru sampai 50% sehingga oksigen yang dapat ditampung lebih banyak.

Untuk penderita obesitas, bersepeda merupakan olahraga yang dianjurkan karena bersepeda relatif aman dibandingkan kebanyakan olahraga yang mengharuskan berlari atau melompat. Benturan akibat berlari atau melompat dapat menyebabkan cedera kaki, pinggang, punggung bagi mereka yang obesitas karena berat badan yang berlebih membuat benturan semakin keras. Bersepeda juga baik untuk mereka yang memiliki sakit jantung.

Salah satu alasan bersepeda menjadi olahraga yang menarik adalah karena bersepeda dapat menjadi salah satu cara relaksasi. Menikmati pemandangan secara santai dan merasakah hembusan angin dapat menjadi salah satu sarana rekreasi yang menyegarkan. Jadi Anda dapat sehat secara fisik plus menyegarkan pikiran.


Tips Membeli Sepeda

Tertarik untuk mencoba bersepeda? Bagi Anda yang belum memiliki sepeda, langkah utama adalah dengan membeli sepeda untuk digunakan. Ada berbagai model sepeda dalam ukuran yang berbeda. Agar mendapatkan sepeda yang nyaman, coba perhatikan hal-hal berikut saat memilih sepeda yang akan dibeli:

* Sadel sepeda hendaknya nyaman untuk diduduki dan dalam ukuran yang pas.
* Pilih sepeda dengan tinggi sadel yang disesuaikan dengan tinggi badan Anda. Sadel hendaknya tidak terlalu tinggi karena akan menyulitkan saat harus mengayuh juga dapat menyebabkan bagian paha menjadi luka. Sadel yang terlalu rendah juga sebaiknya dihindari karena membuat kaki harus menekuk terlalu banyak dan membuatnya terasa pegal. Walau sadel sepeda mungkin dapat ditinggikan dan direndahkan, tetapi pastikan bahwa tinggi maksimal dan minimal sesuai dengan kondisi Anda. Idealnya tinggi sadel dan tinggi stang sepeda sejajar.


Tips Bersepeda

Agar dapat mendapatkan manfaat yang maksimal dan terhindar dari cedera, beberapa hal harus diperhatikan, yaitu:

* Pastikan bagian-bagian penting dari sepeda seperti rem dan ban dalam kondisi yang
aman sehingga tidak akan mengganggu perjalanan atau menimbulkan kecelakaan.
* Untuk menghindari resiko cedera, lakukan sedikit pemanasan khususnya untuk
meregangkan otot-otot bagian bawah seperti pinggang, paha dan betis.
* Sebagai penambah keamanan saat bersepeda, Anda dapat mengguunakan perlengkapan
pelidung seperti helm, sepatu, kaos kaki, sarung tangan, kacamata atau
perlengkapan lain yang diperlukan.
* Saat memulai mengayuh sepeda, lakukan dulu dengan kecepatan perlahan selama 5-10
menit sebagai cara untuk pemanasan dan menyesuaikan dengan sepeda.
* Saat mengayuh sepeda, usahakan agar Anda mengayuh pedal satu putaran penuh.
* Kecepatan yang dianjurkan untuk kesehatan adalah 27 km/jam dan putaran roda 70
putaran per menit (rpm)
* Selesai bersepeda, lakukan lakukan pendinginan dengan mengayuh sepeda secara
perlahan selama kurang lebih 10 menit.

Selain untuk kesehatan, menggunakan sepeda juga dapat mengurangi polusi udara akibat penggunaan kendaraan bermotor. Asap kendaraan dapat membuat lingkungan tercemar. Sebaiknya gunakan sepeda saat Anda harus berpergian ke tempat yang memungkinkan dijangkau dengan sepeda. Bahkan, ada pula komunitas yang bernama "Bike to Work" menggunakan sepeda untuk berangkat kerja setiap hari.

Melihat banyaknya hasil positif dari bersepeda, tidak ada salahnya untuk mengayuh sepeda Anda. 

Pengecut
Aku tak menampakan mukaku. Masih berupa bayangan hitam yang tak sesuai ukuran tubuhku. Aku hanya bayangan. Yang tak pernah jelas menampakan wujud dari aslinya. Sampai aku tersadar bahwa ak harus berdiri, menjelaskan sesuatu, atau mengungkapkan. Tapi apa??
” Oh, tidak!!” jiwaku memberontak keras!!tak menerima keinginanku yang berseberangan dengan kelakuan dan kehidupannya.
Lalu gadis itu hadir, ” Ry, kau tidak apa-apa?” tanyanya membuatku semakin tersungkur.
Apakah itu perhatian? apakah kekhawatiran? atau sekedar keingintahuan semata.
” Tidaaaaakk!!!!!!!’ Jiwaku lebih keras memberontak ketika kucoba menjelaskan apa yang kurasa.
apa sih maumu? dijelaskan pun tidak bisa, dipendam pun menyesakkan. rasanya ingin berteriak dan memaki diriku sendiri. apa yang kurasa? ” Tidaaaaaaaaaaakk!!!!! Teriakan lebih keras muncul saat kucoba menjelaskan bahwa yang kurasa adalah cinta. tertawa dalam diriku. menggali setiap makna yang kudapat sejak mengenalnya!!
Air mataku tak tertahan, terjatuh menitik membasahi bumi. Tangisan penyesalan karena aku tak bisa mengakui, tak bisa menerima kalau aku mencintainya.
” Ry, ada apa???” gadis bernama Syifa itu bertanya lagi.
Anjink!!kenapa harus kau tanya? kenapa harus kau beri secuil perhatian ini??bagimu muungkin biasa, tapi bagi orang gila sepertiku, itu sangat berarti, Kau takkan mengerti hatiku. Karena aku sendiripun tak mengerti dan tak mampu mencoba memahaminya!!
Aku terdepak dalam sebuah ruangan gelap gulita…tak ada cahaya tapi aku mampu melihat…Ya, melihat bayangannya..Bayangan Syifa menghantuiku. Tawaku tak terdengar siapapun, senyumku tak terlihat siapapun..AKu seorang diri, menyadari dan menikmati ketakutanku.
Entahlah, dia akan tau tidak!!! Tapi harusnya dia tau. akan isyarat mata dan hatiku. Anjiiiiiink..” Setiap Aku mencoba menerima kenyataan bahwa aku mencintainya, tubuhku berguncang, seolah setiap sel di tubuhku ingin keluar dan memisahkan diri dariku.Mengecam dan memaki apa yang kurasa.
Kulihat senyumnya selalu ada. Tapi tak cukup kuat untuk menghapus kata-kata yang sudah tertulis jelas di otakku, bahwa dia jelas mengharapkan seseorang akan menjadi pengisi hatinya. DAN ITU BUKAN AKU.
Hari ini aku tersenyum, karena ada senyumnya!!AKu manusia cengeng dan pengecut. Maki saja sampai kau puas memaki, hingga takkan ada lagi makian-makian untuk orang yang tak pantas mendapat makian. Maki saja aku yang terus menikmati kesakitanku. Menikmati sesaknya nafasku, dan Menikmati Kegilaanku. Menikmati Diriku yang menjadi pecundang, yang hanya berani memandang dari belakang.
Waktu, aku tak mungkin menyerahkan pada waktu. aku pemimpin dan imam. bukan penunggu. tapi tetap saja aku ini pengecut.
Syifa memberikan senyum manisnya, lalu pergii ………………….!!!!
 
 

0 komentar:

Posting Komentar